10 Kiat Sukses Bisnis Online


Setiap bisnis baik kecil atau besar, offline maupun online pasti ada resiko yang dikandungnya. Dan besar kecilnya resiko tergantung dari bagaimana mengatasinya. Tepat ada pepatah yang mengatakan bahwa semakin tinggi sebuah pohon maka semakin kencang pula angin yang menerpa.
Kebetulan disini fokusnya tentang bisnis online, maka sebelum banyak angin yang menerpa, sebaiknya persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sesegera mungkin. Karena cobaan bisa datang kapan saja, jangan sampai ia datang disaat kita tidak siap.

Beberapa kiat yang bisa ditempuh untuk dapat sukses menjalankan bisnis online :

1. Bangun kepercayaan
Hal ini adalah yang paling mutlak, bisnis online sangat butuh kepercayaan. Karena interaksi di dunia online sangat luas dan jarang sekali yang bisa tatap muka kecuali memang sangat dibutuhkan, apalagi untuk melakukan transaksi yang menyangkut masalah uang. Besar kecilnya uang yang dikeluarkan pasti yang diharapkan adalah benar apa yang dibelinya (sesuai dengan yang dijanjikan). Sadari bahwa apapun itu, informasi tentang usaha yang sedang dijalankan bisa menyebar cepat sekali baik itu positif maupun negatif.

2. Rajin Memberi
Untuk hal yang satu ini, klise sekali bila bertanya "Siapa yang bisa menolak pemberian cuma-cuma?". Maksudnya disini bisa dikaitkan dengan kiat diatas. Tujuan utamanya adalah agar pengunjung website kita bisa bertambah dan bertahan. Sebenarnya yang paling penting mempertahankan yang sudah ada. Posisi meraka adalah aset bagi website yang kita bangun, dengan banyak memberi tentu akan ada timbal baliknya. Jangan terpaku dengan memberi sesuatu seperti bingkisan, bisa saja yang diberikan berupa informasi.

3. Sering Berkunjung
Berkunjung secara online tentunya. Bisa manfaatkan google, yahoo atau apapun search engine-nya untuk mencari sesuatu yang baru, informasi-informasi penting untuk menambah pengetahuan dan bisa posisikan diri selalu update atas segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Namun ada cara terbaik dalam berkunjung yaitu berkunjung ke website atau blog yang telah ada terlebih dahulu yang jenis bisnisnya hampir sama. Setidaknya bisa bertukar link dan ini sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung.

4. Bangun Kreadibilitas
Hampir sama dengan membangun kepercayaan, kreadibilitas yang dimiliki menunjukkan keseriusan seseorang dalam berbisnis. Jangan selalu menganggap kecil masalah-masalah kecil. Bisa saja berdampak besar bagi kelangsungan bisnis anda.

5. Tampilkan Testimoni
Tanggapan dari pihak luar atas website atau blog yang kita buat memiliki arti penting. Tidak saja sebagai bahan untuk selalu memperbaiki kesalahan/kekurangan tapi ini ibarat promosi dari mulut ke mulut. Harus disadari dahsyatnya pengaruh promosi dari mulut ke mulut ini. Jangan pernah takut untuk menampilkan testimoni pengunjung, baik buruknya tanggapan artikan sebagai pemacu untuk berbuat lebih baik.

6. Isi Dengan Hal-Hal Menarik
Jangankan orang lain, kita secara pribadi juga menyukai hal-hal yang menarik.

7. Bangun Komunitas
Terdengar sedikit rumit... Tapi sebenarnya tidak serumit seperti yang dibayangkan. Komunitas online banyak ditemukan, tinggal pilih saja mana yang cocok dengan bisnis yang dijalankan atau bisa buat komunitas sendiri. Komunitas menjadi penting saat kita terbentur dengan satu persoalan. Kadang dalam berbisnis ini ada pasang surutnya juga, disaat-saat surut inilah biasanya kita sangat membutuhkan kehadiran seorang teman. Di dalam komunitas yang dibangun dengan baik, tentu akan banyak yang bisa menolong.

8. Bangun Sistem Affiliasi
Untuk sukses memang butuh pengorbanan. Tidak masalah bila harus membagi penghasilan kepada rekan affiliasi, karena rekan affiliasi dipastikan lebih sering berpromosi. Mereka mengharap penghasilan dari kita dan kita berharap apa yang dijual bisa laku. Pengaruhnya sangat besar sekali terhadap pendapatan kedua belah pihak. Sistem affiliasi ini terbentuk dengan konsep win-win sollution. Bangun dan jaga rekan-rekan yang sudah mau menjadi affiliasi kita.

9. Hindari SPAM
Harus!!! Jangan bertindak merongrong. Ini sangat bahaya dan dampaknya sangat buruk terhadap bisnis kita. Lagi pula tidak menutup kemungkinan bila website atau blog yang kita punya di block, karena memang sangat menggangu. Sangat sangat wajar bila kita mengharap banyak pengunjung yang datang ke website/blog kita, tapi harus mengerti dulu tentang keinginan/kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Akan sangat berarti sekali bila pengunjung yang datang adalah mereka yang benar-benar butuh. Karena mereka yang nantinya akan menjadi pengunjung setia website atau blog anda.

10. Beriklan lewat Artikel atau Soft Advertorial
Produk dengan penjelasan yang lebih lengkap jarang ditolak konsumen. Coba posisikan diri anda sebagai konsumen agar anda mengerti bagaimana beriklan dengan baik. Jangan ragu untuk memasang iklan berbayar, yakini diri bahwa apa yang dikorbankan akan menjadi pemasukkan di kemudian hari.

Sepuluh kiat ini bisa anda mulai dari sekarang, dan lihat bagaimana bisnis anda berkembang. Saya tidak sabar mendapat kabar dari usaha anda...