Kunci Menjadi Seorang Leader Di Bisnis Anda

Seorang pengusaha berarti seorang Leader. Roda perusahaan bisa berjalan dengan baik jika seorang pengusaha memiliki Leadership yang mumpuni. Ia harus bisa memimpin "anak buah", mampu mengelola semua sumber daya perusahaan, memiliki kompetensi yang handal di bidang bisnisnya, dan masih banyak lagi hal lainnya yang harus dimiliki seorang Leader

Dan, Anda tahu, tidak ada hal yang lebih buruk di dunia bisnis kecuali perusahaan Anda dipimpin seorang Leader! Jika Anda berada di posisi karyawan, dan Anda memiliki Leader yang tidak bisa memimpin, Anda patut cemas dengan keberlangsungan perusahaan tempat Anda bekerja. Di tangan Leader yang tidak bisa menjadi Leader yang baik, perusahaan Anda sedang berada di ambang jurang kebangkrutan. Dan cepat atau lambat nantinya akan terperosok ke dalamnya.

Biasanya seorang Leader ketika mengawali karirnya, melakukan semuanya sendiri. Proses bisnis dari hulu sampai hilir ditangani sendiri. Ini artinya Anda bukan cuma menjadi Leader untuk bisnis atau usaha Anda, tapi juga menjadi Leader untuk diri Anda sendiri. Keberhasilan bisnis Anda tergantung pada kemampuan Anda mengontrol hidup Anda sendiri.

Dan terkadang bekerja untuk diri sendiri lebih banyak rintangannya dibanding bekerja untuk orang lain. Misal, kita jadi lebih seenaknya dalam urusan deadline yang kita buat sendiri. Karena kita merasa, “ini bisnis saya sendiri jadi gampanglah… semua bisa diatur!” Ini salah satu tanda kalau Anda belum bisa menjadi Leader yang baik. Karena itulah, sebagai pemilik bisnis, kita wajib selalu mengembangkan diri. Selalu mau belajar dan terbuka terhadap perkembangan situasi yang melingkupi bisnis. Jika Anda sebagai pengusaha tidak bisa ikut menyesuaikan diri, maka bisnis Anda akan jalan di tempat. Lalu perlahan-lahan akan mati.

Dalam bisnis online sebetulnya sama saja dengan bisnis offline. Tidak bisa berkembang tanpa adanya seorang Leader yang handal. Selama diri Anda sudah menjadi seorang yang bisa Anda andalkan, Anda bisa menaklukan semua tantangan yang ada di depan mata Anda! Di sini saya sudah menghimpun 4 tips terbaik yang diperlukan seorang Leader. Semoga bermanfaat untuk Anda para Leader atau yang akan jadi Leader dalam bisnis anda.
  • Be a good controller!
    Bagi Anda
    Leader baru, yang belum pernah jadi Leader sebelumnya, waspadalah! Sekarang Anda adalah new leader! Dan, New Leader biasanya tidak memiliki ketegasan. Termasuk tegas kepada diri sendiri. Saat mereka harus menangani pekerjaan milik mereka sendiri, mereka kehilangan kontrol. Maksud saya, Anda jadi lebih santai, mudah memberi toleransi terhadap pekerjaan Anda sendiri. Anda tidak lagi cerewet dengan masalah-masalah kecil. Karena Anda sendiri yang mengerjakan, dan Anda sendiri yang memiliki bisnis ini, Anda jadi cepat puas. Kunci untuk mengatasinya be a good controller, kontrollah pekerjaan Anda dengan sebaik-baiknya. 
  • Be a good sample!
    Seorang
    Leader harus menjadi contoh yang baik. Kalaupun sekarang Anda belum punya karyawan, jadilah contoh yang baik untuk orang-orang di sekitar Anda. Kenapa? Ya, alasannya sederhana. Karena seoorang Leader harus selalu memberikan contoh yang positif. Bukan cuma pada bawahannya saja tapi juga pada semua orang. Ingat, Anda adalah pemilik bisnis. Diri Anda mewakili brand produk Anda. Apa jadinya kalau Anda tidak memiliki nama baik? Siapa yang mau membeli atau bahkan menjadi langganan Anda?
    Mulailah membuat aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar, baik oleh diri Anda sendiri maupun karyawan Anda. Tujuannya, agar Anda lebih dihormati dan berkharisma. Benar, karena Anda punya prinsip-prinsip yang membatasi perilaku Anda. Tentunya, aturan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang baik. Misal, tidak boleh terlambat masuk kerja, harus selalu datang tepat waktu saat meeting, dll. Peraturan seperti ini akan membuat Anda adalah seorang yang berdisiplin tinggi. Selanjutnya tinggal bagaimana Anda mematuhi peraturan Anda sendiri. Aneh kalau Anda melanggar hal yang Anda tetapkan sendiri. 
  • Tidak “terbakar” ambisi
    Reputasi memang penting. Dimana-mana orang selalu ingin dipandang terhormat dan memiliki reputasi yang bagus. Mencapai reputasi yang bagus berarti Anda telah menunjukkan pada dunia bahwa Anda memiliki sesuatu yang berkualitas. Tapi jangan terjebak. Hanya karena ingin menjadi yang terhormat dan yang terbaik, jangan sampai Anda terbakar ambisi. Karena, akibatnya bisa fatal. Anda bisa-bisa terlihat kaku. Anda jadi tidak luwes dalam menghadapi masalah. Dan parahnya, Anda bisa jadi orang yang emosional. Semua keputusan yang Anda ambil bisa-bisa hanya berdasar emosi dan keinginan Anda yang membara itu. Padahal, keputusan yang paling baik adalah yang berdasarkan logika. Benar kan?
  • Tekun
    Seorang
    Leader adalah mereka yang tidak pernah takut jatuh. Karena mereka selalu punya kesempatan untuk bangkit dan bangkit lagi! Rintangan apapun dalam bisnis yang Anda hadapi tidak boleh membuat nyali Anda menciut. Kuncinya, ketekunan. Yakinlah bahwa tujuan Anda bisa tercapai.
    Yang namanya bisnis, pasti ada saja kendalanya. Tapi, saya percaya selalu ada celah untuk keluar dari masalah yang menghimpit.
Ibarat tanaman, jadilah rotan. Yang bisa diluruskan dan bisa dibengkokkan. Kalau memang sekarang saatnya Anda berdiri lurus, maka berdirilah tegak. Dan saat Anda harus melengkung, ambillah posisi melengkung.

Jangan pernah mudah untuk dipatahkan. Itu kuncinya menjadi seorang Leader

Salam Sukses