Tips Memilih Bisnis Online


Mungkin ini adalah topik yang sering di bahas oleh para pakar internet marketing, tapi tulisan ini adalah sebuah ide dari saya pribadi yang mana berdasarkan pengalaman pribadi saya yang baru beberapa bulan mencoba dunia bisnis online. Saya tergerak untuk menulis tentang topik ini karena keprihatinan saya dengan kian maraknya oknum-oknum pebisnis online yang memberikan janji-janji muluk yang seringkali tidak masuk akal. Anda pasti sering menjumpai situs yang menjanjikan bisa menghasilkan ratusan juta dalam waktu yang singkat bahkan dalam hitungan hari. Tapi ujung-ujungngnya mereka hanya jualan ebook atau semacam itu.Tidak heran jika banyak yang merasa tertipu.
Nah, Untuk itu, tulisan ini mungkin bisa dijadikan bahan bacaan buat anda yang tertarik untuk memulai bisnis online anda. Jika anda tertarik untuk berbisnis internet maka ada baiknya anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Pilihlah bisnis yang tidak menipu. Ini sangat penting karena banyak sekali oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang! Jangan sampai anda menjadi korbannya! Untuk mengecek apakah sebuah situs/bisnis merlakukan penipuan atau tidak anda bisa melakukan hal-hal berikut:

a. Lihat di situs tersebut apakah memiliki alamat yang jelas atau tidak dan jika tersedia nomor telfon anda bisa mencoba mengeceknya.
b. Jika situs tersebut menampilkan testimoni pastikan orang yang memberi testimony tersebut memiliki nomor telfon atau email yang bisa dihubungi.
c.Anda bisa bergabung di forum terkait dan anda bisa melemparkan sebuah topik mengenai bisnis tersebut. Jika sebuah bisnis melakukan penipuan biasanya para anggota forum akan memberitahu anda.
d. Anda bisa mengecek tingkat kepercayaan situs tersebut di www.mywot.com. Semakin tinggi tingkat kepercayaan dari situs tersebut maka situs tersebut layak anda percaya.

2. Pilih Bisnis Internet OnLine yang sudah Terbukti Dan Teruji! Coba mana yang anda pilih? Bergabung dengan bisnis yang baru berdiri 3 bulan atau yang sudah eksis selama 8 tahun? Tentunya anda akan lebih yakin untuk bergabung bisnis yang ke-2 bukan? Sebuah bisnis yang bisa survive, eksis dan berkembang selama bertahun-tahun apalagi di dunia bisnis internet itu menunjukkan bahwa bisnis itu memang benar-benar menghasilkan uang? Jika tidak, mungkin dia akan gulung tikar di bulan-bulan pertama!

3. Jika anda ingin bergabung dengan sebuah bisnis affiliasi, maka saran saya pilihlah bisnis yang member atau anggotanya banyak! Mana yang anda pilih? Bergabung dengan bisnis yang anggotanya bisa dihitung dengan jari atau bergabung dengan bisnis yang anggotanya mencapai ratusan ribu orang? Tentunya anda akan memilih bisnis yang ke-2 bukan? Seperti poin yang ke-2 di atas..Jika sebuah bisnis diikuti oleh ratusan ribu orang bukankah itu berarti bisnis tersebut benar-benar menghasilkan uang, benar-benar bagus dan layak untuk diikuti! Jika bisnis tsb tidak menghasilkan uang nggak mungkin dong ratusan ribu orang mau bergabung? Masuk akal bukan?

Pikirkanlah sebuah analogi sederhana seperti ini: Produk A adalah produk yang laris manis(best seller), mereknya sudah sangat dikenal oleh masyarakat, telah dibeli jutaan orang karena memang produk tsb mutunya bagus, harga terjangkau, dan sudah eksis selama 10 tahun,. Sedangkan Sedangkan Produk B adalah produk yang slow moving alias tidak laku, mungkin karena kualitas produk yang kurang bagus dan harga terlalu mahal, produk ini baru berdiri 3 bulan. Coba mana yang anda plilih? Produk A atau Produk B?

4. Pilihlah bisnis yang banyak direkomendasikan oleh para pakar di bidangnya! Ya….Anda membutuhkan nasihat dari seorang Pakar yang ahli di bidangnya! Anda pasti lebih yakin dan pede menjalankan/memilih sebuah bisnis yang direkomendasikan oleh banyak pakar.

5.Last but not least, Anda hendaknya bisa menanggapi sebuah iklan atau situs dengan cerdas. Pakailah akal sehat anda. Jangan terbuai dengan angan-angan jadi jutawan dalam sehari.Ingat! Tidak ada cara instan untuk jadi kaya. Semuanya butuh proses. Selain faktor lainnya, mau belajar, tekun, sabar dan mau bekerja keras adalah kunci utama keberhasilan dalam berbisnis.

Selamat berbisnis.Semoga sukses!