7 Karakteristik Nama Domain Yang Baik

Di postingan saya sebelumnya saya telah menulis tentang 5 Tips Untuk Menjadi Seorang Blogger Yang Lebih Baik dan kali ini saya ingin membagikan tentang 7 Karakteristik Nama Domain Yang Baik.
Dalam dunia nyata ada bisnis yang namanya bisnis real estate, nah kalau dunia blogging, nama domainnya adalah real estatenya internet, sama seperti lokasi yang baik untuk sebuah pondasi bangunan, nama domain yang bagus akan menjadi satu pondasi untuk keberhasilan satu website atau blog. Tapi bagaimana kita tahu karakteristik sebuah nama domain yang baik? Kali ini saya akan coba memberikan tips bagaimana menemukan 7 Karakteristik Nama Domain Yang Baik.

1. Nama Domain Harus Pendek
nama domain yang bagus untuk satu web atau blog biasanya memiliki karakter ini, ya... nama domainnya "pendek". Bukan suatu kebetulan bahwa rata-rata web atau blog yang domainnya pendek sangat cepat terkenal. Memang tidak ada aturan berapa banyak kata atau huruf yang harus di gunakan untuk sebuah nama domain, tapi sadar atau tidak sadar bahwa semakin pendek nama domain akan semakin bagus, usahakanlah nama domain yang akan dibuat dibawah 10 karakter dan jangan sampai melebihi 20 karakter. Saya mencoba mendefinisikan seperti ini, jika dilihat dari jumlah kata, satu kata domain adalah emas, dua kata domain adalah baik, tiga kata domain adalah rata-rata, dan diatas itu biasanya tidak bagus.

Contoh : Quotes.com adalah domain yang sangat bagus, saya rasa jika domain ini di jual harganya akan bernilai jutaan rupiah bahkan bisa mencapai puluhan juta. ProQuotes.com, mmm...ini nama domain yang cukup baik dengan memakai dua kata saja. ProQuotesNow.com domain ini juga baik dengan tiga kata.YourProQuotesNow.com, nah yang seperti inilah yang saya maksudkan tidak baik. Jika anda boleh memilih manakah yang anda pakai?

2. Mudah Di Ingat
Mudah di ingat karna banyak pengguna internet yang tidak menggunakan bookmark. Mereka terbiasa dengan menghafal website favorit mereka. Logikanya seperti ini, jika satu nama domain kita sulit untuk di ingat kita bisa kehilangan pengunjung yang akan datang ke website kita padahal sebenarnya apa yang mereka cari ada di website atau blog kita.

Contoh : Brcwr.com adalah nama domain yang singkat tetapi tidak mudah untuk di ingat dan saya rasa ini adalah ide buruk untuk menggunakannya untuk website anda (kecuali jika kata ini mewakili inisial nama bisnis atau perusahaan anda).

3. Mudah untuk Di Eja
Saya rasa anda tidak akan mau jika calon pengunjung yang akan datang ke website anda nyasar ke tempat lain hanya karena mereka salah meng eja nama website anda. Untuk mengatasinya maka hindarilah menggunakan kata-kata asing yang memiliki pengucapan yang kompleks, kombinasi huruf aneh atau kata yang berlebihan bisa membuat calon pengunjung website anda akan nyasar ketempat lain.

4. Memiliki Ekstensi [dot] com
Kebanyakan organisasi mungkin akan memilih atau mendaftarkan domain dengan ekstensi .org. Selain dari kasus seperti ini bagaimanapun juga satu nama domain dengan ekstensi com adalah cara terbaik untuk suatu website atau blog, karena mungkin pikiran orang sudah terdoktrin dengan domain ini.

Kenyataan yang kita temui adalah para pengunjung yang datang ke suatu situs melalui search engine akan mengingat nama satu nama website dan bukan url. Jadi suatu saat jika mereka ingin kembali lagi ke situs tersebut mereka tinggal mengetik nama domain yang disertai dengan akhiran com.

Contoh : Darren Rowse yang membuat satu blog yang terkenal dengan nama Problogger.net, walaupun memiliki nama yang sangat bagus, tapi saya rasa para pengunjung akan lebih memilih Problogger.com, akhirnya setelah beberapa tahun Darren memutuskan untuk membeli nama domain dengan versi com dengan harga $5000 kemudian di redirect ke situsnya, sehingga para pengunjung tidak akan salah tempat lagi.

5. Deskriptif
Banyak pengunjung yang akan datang ke website anda melalui search engine, bisa juga link dari website yang lain. Artinya mereka akan datang jika domain yang mereka lihat akan menarik.

Dengan memiliki nama domain yang deskriptif akan memberikan pengunjung satu gambaran tentang situs anda bahkan sebelum mereka masuk kedalam. Apalagi jika kta kunci yang mereka cari berhubungan dengan nama domain anda.

Contoh : TelevisionGuides.com, saya yakin anda bisa menebak isi situs ini sebelum anda mengunjunginya?
Kita akan coba yang lain, misalnya kita searching di Google dengan kata kunci movie review, kemudian kira-kira yang muncul pertama dari MikesLair.com kemudian yang kedua adalah MoviesCentral.com, kira-kira mana yang pertama kali anda buka?

6. Domain Yang Brandable
Sebuah domain yang brandable akan memiliki pronunciation (lafal) yang bagus. Kadang-kadang domain yang brandable tidak memiliki deskriptif yang baik, tapi bisa menjadi efisien. (Yang perlu anda ketahui bahwa nama domain yang brandable bisa menjadi deskriptif pada saat yang bersamaan, tapi yang seperti ini jarang terjadi).

Contoh : Kotaku.com, saya rasa kita semua tau situs ini, ini adalah situs game yang terkenal di internet. Coba perhatikan, nama domainnya menurut saya tidak deskriptif sama sekali, tapi nama ini termasuk brandable menurut saya, sehingga para gammers sangat mudah mengenalinya.

7. Tidak Memiliki Unsur Tanda Hubung Atau Angka
Nama domain yang memiliki unsur seperti ini akan terbilang cukup murah karena beberapa alasan. Coba perhatikan nama domain Tech-World.com, kebanyakan para pengunjung akan melupakan tanda penghubung pada waktu mereka mengetikkan kata ini sehingga akhirnya mereka akan nyasar ke situs lain, misalnya TechWorld.com.

Nomor, ada beberapa orang yang akan sulit mencampur satu ejaan dengan nomor, jadi mungkin lebih baik anda menghindari hal ini dalam pemilihan nama domain. Misalkan anda memakai nama Tech5.com, saya rasa mungkin jika pengunjung ingin mengetik nama domain ini mereka akan mengetik TechFive.com, jika hal ini terjadi maka hilanglah pengunjung anda.

Contoh : Coolest-Gadgets.com adalah sebuah blog gadget yang sangat terkenal dengan lebih dari 70.000 pelanggan RSS. Untuk mengatasi masalah dari para pembacanya akhirnya pemilik blog menghilangkan tanda penghubung pada nama situsnya.


Dengan mengetahui 7 Karakteristik Nama Domain Yang Baik ini mungkin kita akan bisa lebih hati-hati lagi dalam memilih nama domain. Saya bukanlah seorang Webmaster dan saya juga tidak bermaksud menggurui para Webmaster yang kebetulan mampir di blog ini. Saya hanya ingin membagikan satu hal dasar saja, saya harap ini bisa bermanfaat. Happy Blogging.