Cara Menuliskan Kode HTML di Dalam Postingan

Ada teknik tersendiri untuk menuliskan kode-kode/script HTML ke dalam postingan ( ga boleh sembarang lho nulis kode/script dalam postingan). Maksudnya ga boleh sembarangan gimana?Gini lho, Kode HTML maupung script HTML bila kita posting dengan menuliskan kode/script tersebut apa adanya, maka yang muncul di blog kita tidaklah seperti yang kita tuliskan. Misalnya gini, jika kita menuliskan kode <head> dengan cara yang biasa maka hasilnya tidak akan muncul dalam postingan karena kode tersebut langsung diterjemahkan kedalam bahasa HTML. Jadi untuk menuliskan kode <head>, maka yang seharusnya dituliskan supaya bisa muncul kode tersebut adalah ini &lt;head&gt;. Nah terus bagaimana kalau ada banyak kode yang harus kita posting?
Mau tahu bagaimana caranya menuliskan kode2/script2 tersebut ke dalam blog?

Ada beberapa cara untuk menuliskan kode-kode tersebut kedalam blog, diantaranya yaitu:

Cara Pertama :
- Gunakan software-software web design, misalnya Macromedia Dreamwaver, Microsoft Frontpage, Namao Web Editor. Atau bisa juga dengan software-software blogtools seperti post2blog dll.
- Trus tuliskan semua kode pada area design, kemudian copy kode-kode tersebut dari area HTML Code. Nha kode-kode dalam area HTML Code tersebut lah yang harus diposting.

Cara Kedua :
- Tuliskan semua kode/script ke dalam notepad
- Kemudian ganti/replace kode-kode berikut

Kode
Kode Pengganti
<
&lt;
>
&gt;
"
&quot;
- Udah tahu kan caranya mereplace di notepad? itu lho dengan memilih menu edit --> replace kemudian pada kotak yang muncul masukkan kode yg akan direplace pada kolom "Find what" trus masukkan kode pengantinya pada kolom "Replace with"trus tekan tombol Replace All.
- Nha kalo udah semua baru kamu copy semua kode yang udah direplace all tadi, trus kamu masukkan kedalam postingan kamu.

Cara Ketiga :
- Buka URL berikut ini http://centricle.com/tools/html-entities, kemudian masukkan kode-kode ynag akan kamu posting kedalam kotak yang disediakan, nha kalo sudah tekan tombol "Encode", nha maka kamu akan mendapatkan script baru untuk diposting di blog kamu.

OK..happy blogging friends.....