Badai Tornado Dan Angin Puting Beliung

Badai Tornado dan Angin Puting Beliung adalah salah satu kejadian alam diantara puluhan kejadian alam lainnya yang paling berbahaya dan mematikan. Kali ini saya akan mencoba berbagi info tentang Tornado Dan Angin Puting Beliung ini. Badai Tornado menggabungkan lebih banyak energi untuk menghasilkan satu bencana yang luar biasa di satu daerah daripada fenomena cuaca lainnya. Badai Tornado juga melahirkan badai yang sangat kuat, bentuk puting beliung yang ada diatas air bisa bergerak kedaratan dan begabung dengan Badai Tornado untuk memberikan bencana alam yang luar biasa kepada manusia. Berikut ini adalah 70 dari angin puting beliung yang paling jahat yang telah menghasilkan:

Badai Ini Datang




Alam memang sangat luar biasa yang di ciptakan Tuhan menurut kreasiNya tapi kadang-kadang mereka bisa memberikan ketakutan yang luar biasa kepada manusia, seperti yang sedang terjadi di bangsa kita sekarang, letusan gunung merapi yang sampai sekarang masih memberikan ketakutan bagi warga sekitarnya. Awan-awan gelap adalah satu pertanda bahwa badai akan segera muncul tetapi beberapa orang pecandu andrenalin pergi berburu badai tersebut. Tiga gambar pertama diambil sebelum Badai Tornado menjatuhkan salah seorang fotografer. Foto yang di kanan bawah di ambil dari pembentukan induk awan yang melayang di atas Childess, Texas. Ini adalah badai Tornado yang besar yang telah menimbulkan kerugian jutaan dollar di Childess, Texas.

Formasi Dari Badai Tornado


Petir paling sering berkembang dalam udara yang hangat, udara lembab sebelum bergerak ke udara dingin. Ini dapat menghasilkan angin badai yang yang kuat yang bisa merusak apapun yang berada di dekatnya. Jumlah besar energi yang dilepaskan sebagai uap air di udara mengembun naik. Sebagian dari energi ini berubah menjadi angin vertikal yang kuat yang dapat bergerak ke bawah (downdrafis) dan keatas (updrafis). Gerakan udara yang vertikal ini berubah bentuk menjadi pusaran yang menakutkan, Badai TORNADO.

Pada gambar di atas, bagian terendah di setiap pusat awan disebut dinding awan, beberapa kali akan ada hujan pada dinding awan, kemudian beberapa saat dalam beberapa kasus Badai Tornado yang kuat berkembang menjadi sebuah saluran yang turun menyentuh tanah dan menjadi Badai Tornado yang ganas.

Puting Beliung Yang Masih Kecil Tapi Tetap Mematikan


Gambar diatas menggambarkan saluran vertikal udara yang berputar cepat. Saluran yang muncul terlihat masih transparan. Mereka menjadi terlihat ketika saluran tersebut mengambil tetesan air dari udara yang lembab. Setelah saluran mencapai tanah maka akan terjadilah Badai Tornado. Badai Tornado yang seperti ini masih terlihat kecil atau "kurus" dan termasuk dalam kategori yang lemah. Angin yang di timbulkan kurang dari 110 mph dan mereka akan melakukan perjalanan dari 1 sampai 10 menit di lapangan sebelum akhirnya menghilang. Badai Tornado ini bisa menyebabkan 5% kematian tapi masih bisa membunuh.

Badai Tornado Dalam Beberapa Bentuk Dan Ukuran


Klasifikasi yang kedua adalah Badai Tornado yang "kuat". Sebuah Badai Tornado yang kuat sering disertai dengan hujan yang lebat. Sekitar 29% dari semua Badai Tornado di anggap kuat dan mengakibatkan hampir 30% kematian dari akibat yang di timbulkannya. Ini terjadi sekitar 20 menit atau lebih dan setelah mereka menyentuh tanah maka angin yang di timbulkan adalah sekitar 100-205 mph.

Petir Dengan Badai Tornado


Langit memang gelap tapi bisa menjadi menyenangkan, beberapa dari kita mungkin akan lebih menyukai keadaan seperti ini, tetapi ketika langit mengeluarkan petir dengan sebuah pusaran yang mengerikan, maka segeralah mencari tempat yang aman untuk berlindung. Badai Tornado pada malam hari akan lebih mudah di prediksi dengan adanya kilatan petir.

Badai Tornado Yang Mematikan


Badai Tornado biasanya berkembang sampai lebar sekitar 660 kaki dan anginnya bisa di atas 250 kilometer/jam dan dapat merobek sebuah jalan dengan lebar 1-50 mil. Saluran ini telah berhasil menyentuh tanah dan telah berubah menjadi hitam kecoklatan. Badai Tornado bisa memakan rumah, bangunan, kendaraan dan orang-orang. Puing-puing yang di hasilkannya dapat berputar dan terlempar sampai ratusan mil.

Saluran Ganda Yang Mematikan


Pada gambar kiri atas satu saluran membentang ketanah dan yang lain mulai terbentuk di awan, Foto tengah kanan dua bencana yang akan mendarat. Disudut kiri atas ancaman triple menguyah lapangan. Foto kanan bawah menunjukkan empat Badai tornado di tanah dengan dua atau lebih talah berada di bawah. Pada bulan Maret 1925, Badai Tornado ini melalui Missouri, southern Illinois dan bagian-bagian dari Indiana barat daya, Tornado ini mengakibatkan kematian dan kehancuran sepanjang 219 mil, menewaskan 695 orang dan melukai 2.771 orang.

Pembunuh


Gambar di atas adalah sebuah Badai Tornado Pembunuh. Badai Tornado Pembunuh memiliki waktu lebih dari 1 jam berada di tanah, waktu yang sangat panjang untuk bisa menghancurkan segala sesuatu yang berada di dekatnya, anginnya bisa mencapai lebih dari 205 mph. Beberapa orang tidak akan sanggup bertahan dari Badai Tornado ini walaupun mereka berada dalam tempat perlindungan yang aman.

Berharap Bahkan Di Tengah Badai


Coba perhatikan gambar diatas, terlihat bahwa ditengah badai itu tampak pelangi pertanda bahwa dalam badaipun ternyata masih ada sebuah harapan :). Harapan yang datang dari Tuhan, mungkin ini lebih cocok untuk sebuah ilustrasi, apapun badai dalam hidupmu ingatlah bahwa selalu ada harapan yang Tuhan berikan buat kita :).

Angin Puyuh Menakutkan Versi Skala Fujita


Sebuah intensitas dari Badai Tornado adalah independen dari ukuran sebenarnya, mulai dari saluran yang berbentuk kecil sampai ukuran yang besar. Skala berkisar dari F0 untuk F5 dan peringkat didasarkan sesuai dengan kapasitas kerusakan yang telah ditimbulkan, para ilmuwan dapat menentukan kecepatan angin yang akurat yang merupakan kunci dalam skala Fujita.

Gambar Buruk Dari Badai Tornado


Banyak gambar twister yang bisa kita lihat yang lebih bagus. Orang-orang dari para ilmuwan yang mencari sensasi dengan mempertaruhkan nyawa mereka telah banyak mengambil foto-foto yang sangat bagus. Pengetahuan mereka tentang hal ini telah mereka kumpulkan untuk menyelamatkan hidup orang banyak, Mulai dari mengatur sirine Badai tornado untuk bisa mengetahui kapan terjadinya badai ini.

Banyak gambar Badai Tornado saat ini yang bisa kita lihat yang dijadikan sebagai seni. Beberapa telah dipakai untuk seni dalam komputer dan program grafis.Alam memang sangat indah untuk di jadikan seni. Pada gambar kiri atas adalah gambar yang berbentuk corong kecil seperti matahari terbenam di Florida

Twister (angin Puyuh) Diatas Air


Angin Puting Beliung di atas adalah saluran yang membentuk di atas air. Angin Puting beliung yang terjadi di atas air kekuatannya lebih lemah dari twister yang terjadi di atas tanah. Ketika saluran membentang dari badai ke laut atau danau, air itu akan menjadi puing-puing yang terbang ke segala arah. Namun jika ada kapal yang berada diatas air itu maka itu adalah ancaman yang berbahaya bagi pemilik kapal.

Waterspouts (Angin Puting Beliung)


Seperti halnya Badai Tornado yang menakutkan, Angin Puting Beliung ini pun sangat menakutkan buat kita apalagi dengan orang-orang yang berada di laut. Jika Angin Puting Beliung akan bertabrakan dengan perahu, hal yang harus dilakukan pemilik kapal dan orang-orang yang ada di atasnya adalah segera menyelam kedalam air, tapi ini juga bukan satu jaminan untuk bisa selamat dari puting beliung, karena bisa saja pusaran atau saluran angin bisa mengangkat apapun yang ada dalam air itu.

Ledakan Waterpouts


Seseorang harus berada jauh dari permukaan air seperti di pesawat atau di gunung untuk bisa melihat tanda pertama dari angin puting beliung. Ini di mulai dari bintik gelap yang terbentuk di lautan. Tahap kedua masih tidak bisa dilihat jelas dari kapal tapi mungkin bisa dirasakan dari pergeseran angin dan kecepatannya. Ketika angin puting beliung telah siap untuk beraksi maka siapapun akan bisa melihatnya dengan sangat jelas.


Waterpouts juga dapat terjadi di danau atau sungai, tetapi yang paling sering terlihat di atas lautan. Waterpouts mempunyai ukuran-ukuran yang berbeda-beda, mulai dari beberapa kaki sampai satu mil tingginya, dan lebarnyapun bervariasi dari beberapa kaki sampai ratusan kaki. Beberapa kapal telah melaporkan melihat sebanyak 30 Waterpouts salam sehari.

Tornado Dan Angin Puting Beliung hanyalah beberapa contoh dari sekian banyak yang ada, jika sobat masih memiliki info tentang ini bisa berbagi lagi dengan yang lain di kolom komen.

Semoga Bermanfaat.