6 Aplikasi Untuk Mewaspadai Bencana Alam

Belakangan ini bagian Asia memang kerap mengalami bencana, terdahsyat kita masih ingat bagaimana gelombang tsunami tahun 2004 menghntam pesisir Aceh dan terbaru topan haiyan yang menghantam bagian Filipina.

Dengan adanya hal tersebut, tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tidak di ingin kan walaupun beberapa orang mengatakan bencana tidak bisa di tebak, namun bencana bisa kita prediksi dengan tanda-tanda kemunculan nya.

Berikut 6 Aplikasi untuk mewaspadai bencana alam khususnya di Asia

1) Project Noah

 Project Noah

Project Noah merupakan aplikasi resmi dari departemen sain dan teknologi Filipina (DOST). Aplikasi ini menyediakan banyal alat serta informasi yang berguna seperti perkiraan badai, banjir dan bencana alam lain nya. Selain menyediakan informasi, aplikais ini juga menyediakan peta, curah hujan, raar, sensor, dan perkiraan kedatangan topan.


2 . Flood Patrol
Flood Patrol

Hampir sama dengn project noah, flood patrol juga di buat untuk memnatau banjir lengkap dengan peta, flood patrol terhubung dengan project noah dan bisa saling tukar informasi serta dapat menentukan daerah-daerah yang butuh evakuasi saat bencana datang.

3 . Water4Thai
Water4Thai

Water4Thai adalah sebuah aplikasi yang bertujuan untuk menjaga orang-orang di Thailand dengan mengirim kan informasi dan siap dalam penangan bencana banjir . Menyediakan informasi mengenai cuaca dan curah hujan bersumber data departemen meteorologi nasional thailand.

4 . Tsunami Tracker
4 . Tsunami Tracker

Dunia masih ingat betapa dahsyatnya tsunami tahun 2004 dan sekali lagi tsunami juga datang ke Jepang pada tahun 2011. Sejak bencana tersebut di ciptakan lah aplikasi Tsunami Tracker untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai gempa bumi dan kemungkinan terjadinya Tsunami langsung dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).


5 . Disaster Alert


Disaster Alert
Sesuai dengan namanya, disaster alert berisi daftar dan peta resiko bencana alam di seluruh dunia.

Setiap informasi bahaya yang di anggap serius oleh Pacific Disaster Center (PDC) akan di catat dan langsung di sebar luaskan secara real time.

6 . ubAlert - Disaster Alert Network

ubAlert - Disaster Alert Network

ubAlert tidak hanya mengumpulkan informasi dari organisasi maupun web, tetapi juga dari pengguna nya. Informasi disajikan dala bentuk grafik, peta, foto serta video dan dapat di bagikan ke halaman media sosial. Fitur lain yang uni dari aplikasi ini adalah juga terdapat bencana yang datang dari serangan teroris.