Khasiat Telur

Sebagian dari kita mungkin kurang mengerti khasiat yang ada dalam telur yang biasa kita makan, menurut sebagian besar org bahwa telur tidak baik untuk beberapa penyakit tertentu.
Kali ini saya akan coba share beberapa manfaat dari telur.

1. Telor baik buat mata. 
 
Sebutir telur sehari akan mencegah degenerasi otot, krn mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi itu lebih tersedia bagi tubuh kita dari telor, daripada dari sumber lain. Pada Sebuah studi, periset menemukan bahwa orang yng makan telur tiap hari, menurunkan resiko terkena katarak, juga karna ketersediaan lutein dan zeaxanthin dlm telur.

2. Sebutir telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan kesemua 9 macam asam amino esensial.

3. Menurut studi oleh Sekolah Kesehatan Publik HARVARD, tidak ada pengaruh signifikan antara konsumsi telor dengan penyakit jantung. Justru, menurut studi lain, konsumsi telor yang teratur akan mencegah darah tersumbat, stroke, dan serangan jantung.

4. Telor sumber yang baik untuk Choline. Sebutir kuning telor mgandung 300 microgrm Choline. Choline penting utk mengatur otak, sistem syaraf, dan sistem jantung.

5. Telur mengandung Lemak yg baik. Sebutir telor mrngandung 5gr lemak dan hanya 1.5gr saja berupa lemak jenuh.

6. Penelitian yang baru menunjukkan, berbeda dengan apa yang dipercaya selama ini, yaitu bahwa konsumsi telor tidak berakibat buruk terhadap kolesterol. Justru studi terakhir menunjukkan bahwa konsumsi 2 butir telor/hr tidak berpengaruh pada profil lemak seseorang, tapi justru memperbaikinya. Yang menaikkan kolesterol adalah Lemak Jenuh, bukan lemak dari makan telor.

7. Telor adalah satu-satunya makanan yang mengandung VITAMIN D secara alami.

8. Telor akan cegah kanker payudara. Studi menunjukkan, wanita yang makan telor sedikitnya 6 butir/minggu, mengurangi resiko terkena kanker payudara sebesar 44%.

9. Telor membantu kesehatan rambut dan kuku, karna mengandung Shulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Banyak orang menyadari bahwa rambut mereka tumbuh lebih cepat setelah makan tlor, khususnya bila makanan mereka sebelumnya kekurangan Shulfur/Vit B12.

Semoga Bermanfaat...