Manfaat Menangis Baik Untuk Tubuh Kita

Seberapa besar Manfaat Menangis Baik Untuk Tubuh Kita ? Dr. William Frey dan jurusan Psikiatri di Universitas Minnesota pernah mencoba melakukan penelitian terhadap ''tetesan air mata''. ia memasang iklan di koran kampus menawarkan $10 untuk mereka yang bersedia meneteskan air matanya untuknya dengan cara memutarkan film-film sedih yang sangat sentimental. Dari eksperimen ini, Frey melakukan terapi dengan membuat pasiennya melihat film yang sedih. Frey menyatakan, ''sebagian pasien saya sembuh setelah meneteskan air mata sepuas-puasnya''

Menurut Lin Jin, psikolog dari Yang Guang Hua Ren Psychological service, menjelaskan bahwa menangis mempunyai efek yang positif untuk tubuh, selain melepas stress, keluarnya air mata saat menangis dapat membantu tubuh membuang zat-zat yang tidak diperlukan, serta racun di dalam tubuh. Lin Jin menyatakan, ''ketika seseorang merasa tertekan, frustasi, marah dan emosi negatif lain, cara yang paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan seluruh rasa itu adalah tangisan. Stress buruk bagi kesehatan otak dan organ tubuh lainnya. menangis itu sehat, natural sebaiknya jangan tunggu emosi negatif kita berubah menjadi kelainan depresi''.

Pria dan wanita bisa melakukan terapi dengan menangis ini, sayangnya banyak anggapan yang menyatakan bahwa pria tidak 'pantas' menangis. Anggapan umum menyatakan bahwa 'lelaki tidak boleh menangis' jadi pria diajar untuk menahan emosinya, padahal dalam kondisi tertentu pria sebenarnya boleh menangis tersedu-sedu seperti anak kecil.

Kita juga tidak perlu malu jika harus menangis, agar beban yang ada di dalam hati kita terlepas keluar. Tujuan menangis yang benar adalah untuk melepaskan emosi negatif yang ada dalam diri kita dan bukannya karna putus asa.

Jadi sebenarnya manfaat menangis baik untuk tubuh kita juga untuk kesehatan jiwa kita, mungkin ini bisa mempengaruhi emosi kita supaya tidak menjadi berlebihan yang bisa mengakibatkan hal buruk bagi lingkungan sekitar kita.

Semoga bermanfaat...