4 Tips Untuk Tetap Bisa Fokus Ngeblog

Setelah beberapa waktu saya tidak menulis tentang tips blogging, saya merasa ada sesuatu yang kurang dengan blog ini, sambil saya mencari sesuatu yang bisa dibagikan akhirnya saya menemukan ide untuk menulis artikel ini 4 Tips Untuk Tetap Bisa Fokus Ngeblog.
Beberapa hari terakhir ini saya sempat mencari beberapa artikel untuk mempercantik blog ini dan tau apa yang saya temukan? Begitu banyak blog yang sudah tidak pernah lagi update blog mereka dan yang lebih tragis lagi saya menemukan beberapa blog yang sangat mengecewakan dalam artian apa yang saya cari dalam blog itu tidak saya temukan apalagi kata kunci yang saya pake menuju blog itu. Oke sebelum saya lanjutkan ke point utama mungkin ada baiknya kalau sobat membaca kembali tentang 5 Tips Menjadi Blogger Yang Lebih Baik.

Untuk tetap bisa fokus ngeblog memang bukan pekerjaan yang gampang, kenapa? Karena saya merasa ngeblog untuk beberapa orang bukan pekerjaan utama mereka. Kebanyakan orang yang memiliki blog juga memiliki pekerjaan penuh waktu (misalnya, sekolah), belum lagi kegiatan-kegiatan pribadi lainnya (misalnya, teman dan keluarga), sehingga untuk bisa menyeimbangkan semuanya itu memang agak sedikit rumit.

Bahkan jika sobat tidak bisa merencanakan dengan baik blog sobat, saya yakin blog sobat akan berantakan dan lambat laun sobat akan melupakan blog itu. Saya pikir ini adalah satu kesalahan, karena blog adalah alat pemasaran yang hebat bagi siapa pun.

Ini yang menjadi salah satu alasan saya untuk menulis 4 Tips Untuk Tetap Bisa Fokus Ngeblog. Oke langsung aja ya.

1. Fokus Pada Kegiatan Utama

Artinya gini sobat harus fokus pada kegiatan blog yang utama dulu misalnya menulis posting blog, mempromosikan posting blog, membangun hubungan, membuat profil sosial bookmark, promosi di Twitter, dll. Hal seperti ini bisa sangat membantu sobat untuk membuat blog sobat mendapatkan traffic yang lebih baik (baca : Tips Meningkatkan Traffic).

Jika sobat masih belum memiliki banyak waktu untuk mendedikasikan hal ini, tetap fokus pada kegiatan utama saja. Yang utama adalah menulis konten. Tapi jika sobat masih memiliki waktu extra pakai waktu itu untuk melakukan promosi postingan sobat.

2. Enjoy Your Blog

Sobat harus bisa bersenang-senang dengan blog sobat sendiri, milikilah rasa bangga bisa memiliki satu blog apalagi jika blog sobat berisi konten-konten yang bermanfaat untuk orang lain, ini juga bisa membantu sobat untuk bisa tetap fokus dengan blog sobat sendiri.

Yang sobat mesti lakukan adalah memilih konten-konten yang bisa memberikan solusi buat banyak orang, jangan terlalu fokus dengan bagaimana cara mendapatkan banyak uang dari blog sobat, kenapa? Ini saya rasa menjadi point yang terakhir untuk sebuah blog. Mendapatkan uang dari blog memang satu kesenangan tersendiri, tapi coba pikir jika sobat tidak berhasil melakukan semuanya itu mungkin sobat akan menjadi kecewa dengan pekerjaan sobat sendir, tapi jika sobat memberikan sesuatu yang di cari orang saya pikir uang akan sendirinya akan mengalir dari blog sobat :).

3. Set Milestones (tonggak)

English versionnya seperti ini : "You can’t improve what you can’t measure, and you can’t get motivated if you don’t think something is improving." terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini : "kita tidak akan bisa mengubah apapun tanpa satu ukuran yang tepat dan kita tidak bisa mendapatkan motivasi jika kita tidak berpikir bahwa akan ada sesuatu yang membaik." (kalau salah di perbaiki ya).

Itulah sebabnya kenapa sebuah milestones itu penting. Karna ini bisa melacak bagaimana perkembangan blog kita dan jika kita bisa melihat ada sesuatu yang lebih baik dari blog kita itu bisa menjadi satu motivasi bagi kita.

4. Monetize Blog

Nah inilah yang say singgung tadi dalam point ke 2 diatas. Suka atau tidak uang merupakan motivator yang sangat kuat bagi semua orang. Seperti yang saya bilang sebelumnya jika sobat belum bisa menghasilkan uang dari blog sobat sendiri, mungkin sobat akan kehilangan satu motivasi untuk bisa tetap fokus ngeblog, cobalah untuk menaruh beberapa iklan atau link affiliasi di blog sobat.

Sobat jangan berharap untuk bisa kaya dalam waktu semalam hanya dari blog, tapi mungkin dengan 500-1 juta rupiah dalam waktu sebulan say rasa itu sudah cukup untuk bisa memberikan insentif tambahan dari blog. Kecuali kalau memang sobat fulltime bekerja untuk internet, itu lain lagi dengan konteksnya.

Semakin baik kontent yang kita punya, semakin baik promosi yang kita lakukan, dan semakin baik kualitas blog kita maka secara tidak langsung uang akan mengalir sendirinya dari blog sobat, jadi maksimalkan setiap waktu yang kita punya untuk tetap terus memperbaharui apa yang kurang dari blog kita, memang ini akan memakan waktu yang tidak cepat tapi saya yakin hasilnya akan sesuai dengan harapan kita semua.

Semoga 4 Tips Untuk Tetap Bisa Fokus Ngeblog ini bisa memberikan satu pencerahan buat kita untuk bisa lebih fokus lagi. Kalau sobat masih mau nambahin, silahkan isi langsung di kolom komentar ya. Keep Blogging...