Arti Sukses

Beberapa waktu yang lalu saya browsing ke internet kemudian menemukan suatu artikel tentang Apa Arti Sukses itu? kemudian saya mencoba untuk membuat arikel ini dan mencoba untuk mendefinisikan arti sukses menurut saya. Tujuan artikel ini sebenarnya untuk bisa mengetahui apakah yang kita sudah lakukan selama ini sudah bergerak ke arah yang benar atau cuma membuang-buang waktu kita. Sebagai contoh, kebanyakan orang mendefinisikan tentang Arti Sukses itu berhubungan dengan uang, artinya semakin banyak uang yang kita miliki maka semakin sukseslah kita.

Oke, gini sebagai salah satu contoh saya ambil seorang pengedar narkoba, mereka bisa menghasilkan uang puluhan juta setiap tahunnya bahkan setiap harinya dari pekerjaan ini, mungkin sebagian besar orang akan menganggap mereka sebagai orang yang sukses karena mereka bisa menghasilkan banyak uang setiap harinya, tapi menurut saya itu anggapan yang salah, menurut saya pribadi mungkin mereka adalah seorang "pengusaha" yang cukup cerdas tapi saya tidak akan menyebut mereka sebagai orang yang sukses karena bisa memiliki banyak uang karena dampak yang mereka timbulkan untuk orang lain sangat tidak baik. Hal yang sama yang terjadi di dunia maya contohnya seorang Spammer Online, Scammers, dan sebagainya apapun sebutan mereka.

Sekarang saya akan ambil contoh lain yaitu Linus Torvalds. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tau siapa orang ini. Ya, benar dia adalah pendiri gerakan Linux yang menciptakan salah satu proyek open source yang paling sukses hingga saat ini dan memungkinkan jutaan orang di dunia ini untuk bisa menggunakan bebas sistem operasi yang sangat handal. Seberapa kaya dia sekarang saya juga tidak tau, tapi seandainya dia bangkrut sekalipun saya akan menganggap dia sebagai orang yang sukses, karena dia telah memiliki dampak yang besar secara positif terhadap kehidupan orang-orang dari seluruh dunia.

Coba bandingkan dari kedua kasus diatas, keduanya saling bertentangan, dengan kata lain apa yang menjadi tujuan mereka sangat berbeda jauh, yang satu hanya mengejar uang tapi tidak memiliki dampak untuk orang lain dan yang satu lebih memilih tentang bagaimana cara memberi dampak yang baik kepada orang lain dan lingkungan sekelilingnya. Coba kita lihat yang lain lagi seperti Bill Gates, Steve Jobs, Jeff Bezos, Larry Page dan Sergei Brin.

Saya yakin mereka adalah orang-orang ynag berpikir tentang bagaimana cara membuat sesuatu yang besar dan bisa menjadi dampak bagi orang lain.

Sekarang semuanya kembali ke diri kita masing-masing bagaimana respon kita dalam mendefinisikan Arti Sukses yang sesungguhnya, jika kita sudah bisa mendefinisikan Arti Sukses dengan benar saya yakin Sukses itu sendiri tidak jauh dari kita.

Yang menjadi pertanyaan saya sekarang : apakah kita bekerja untuk bisa menghasilkan banyak uang atau untuk membuat dampak yang besar dan positif untuk orang lain?


Salam Sukses.