12 Fitur Tersembunyi Dari GOOGLE

Mesin pencarian terbesar dunia Google telah digunakan jutaan orang di dunia. Mungkin dari anak-anak sampai orang tua pasti tau dengan Google. Google memiliki beberapa fasilitas mesin navigasi yang medukung kinerjanya.
Dari sejumlah fasilitas yang dimiliki mesin navigasi di dunia maya ini, Google memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang mungkin jarang kita gunakan tapi bisa membantu para penggunanya saat berseluncur secara virtual atau pun tidak.

Berikut 12 fitur Google yang mungkin berguna membantu aktivitas Anda.

1. Kalkulator 

Kalkulator Google memiliki fungsi yang melampui perkiraan banyak orang. Selain berfungsi baik dalam penghitungan matematika dasar, fitur ini ternyata juga mampu menghitung algoritma, dan dapat membaca satuan hitung seperti 'e' dan 'i' layaknya fungsi cos dan sin.

2. Pencarian situs spesifik

Dengan menggunakan kata kunci 'site' pada kotak pencarian, pengguna dapat membuat Google hanya menampilkan hasil dari situs tertentu yang diinginkan.
Sebagai contoh, Anda mengetik "site:url chelsea fc", maka Google hanya akan menampilkan daftar hasil berupa berbagai ulasan tentang klub sepak bola Chelsea yang dimuat di berbagai situs.

3. Konversi

Konversi nilai mata uang dan konversi satuan ukur dapat ditemukan di Google dengan mudah, yaitu dengan menggunakan sintaksis: .
Sebagai contoh dengan mengetik '1 USD in IDR', '20 F in C', atau '5 inches in cm', dengan cepat Google akan memberikan hasilnya secara akurat.

4. Zona waktu

Ketik 'time in ' pada kotak pencarian dan seketika pengguna dapat menemukan waktu akurat dari tempat yang dimaksud.

5. Terjemahan
Cara cepat untuk menerjemahkan bahasa asing adalah dengan mengetik 'translate, dan Google dalam beberapa detik akan memberikan beberapa hasil terjemahannya.

6. Mencari data spesifik

Jika ingin mencari berbagai bentuk data, misalkan PDF atau word, pengguna dapat mengetik ' filetype:pdf' untuk data dalam format pdf atau 'nama data yang dituju> filetype:doc' untuk data berformat word.
Google akan memberikan beberapa hasil yang paling mendekati dalam waktu kurang dari sepuluh detik.

7. Status penerbangan

Saat pengguna mengetikkan kode penerbangan di kotak pencarian, maka Google akan menampilkan hasil berupa nama penerbangan, tujuan, dan status terkini.
Sebagai contoh, pengguna mengetik 'GA 168' yang berarti penerbangan Garuda Indonesia Airways dengan nomor penerbangan 168.
Google akan menginformasikan bahwa Garuda dengan nomor penerbangan tersebut telah tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, pada pukul 09.00 WIB, di mana jadwal merupakan kesesuaian dengan dengan fakta sebenarnya di waktu pengguna melakukan pencarian.

8. Mencari jadwal bioskop lokal

Sayangnya fitur ini hanya dapat efektif digunakan untuk kota-kota di Amerika Serikat dan Inggris.
Cara mencarinya cukup dengan mengetik kode pos dari kota bersangkutan, maka Google dengan cepat memberikan deretan jadwal tayang film di berbagai bioskop di kota-kota yang dituju.

9. Ramalan cuaca

Ketik nama kota yang dituju dan diikuti oleh kode 'forecast' pada kotak pencarian, Google akan memberikan hasil berupa informasi cuaca, termasuk di dalamnya tingkat kelembaban, tekanan angin, level salju, dan suhu udara.
Fitur ini juga dapat menunjukkan ramalan cuaca di kemudian hari dengan batas waktu ramal hingga satu minggu, di mana datanya diambil dari informasi yang dihimpun The Weather Channel.

10. Data publik

Untuk melihat tren terkini, seperti contoh mengenai populasi atau angka pengangguran di berbagai kota dan negara di dunia, pengguna cukup mengetik 'population' atau 'unemployment rate' diikuti nama tempat yang dituju.
Sebagai contoh, ketik 'population Indonesia' dan seketika pengguna akan mendapatkan data jumlah peduduk Indonesia sebesar 246,9 juta jiwa menurut penghitungan terakhir di tahun 2012.

11. Pencarian serupa

Untuk mencari situs yang memiliki kemiripan isi, pengguna dapat mengetik 'related:' diikuti oleh nama situs yang dimaksud pada kotak pencarian.
Contoh, ketik 'related:url' dan Google akan memberikan daftar situs yang memiliki kemiripan dengan situs yang ingin kita cari.

12. Definisi
Kamus Google yang ditujukan khusus untuk Bahasa Inggris memiliki fungsi untuk mempemudah pengguna menemukan definisi yang paling mendekati dari kata yang diinginkan dengan cepat.
Sebagai contoh, pengguna mengetik 'define: love' dan Google akan memberikan penjelasan mendetail tentang makna kata 'love' layaknya kamus Oxford. 

Mungkin masih banyak lagi fitur-fitur lain dari Google yang kita tidak tau, tapi mungkin sekarang kita bisa tau dikitlah :D

Selamat berselancar.