5 Kecelakaan Tragis Di Sirkuit MotoGP

Menjadi seorang pembalap MotoGP memang tidaklah gampang, dibutuhkan skill yang sangat tinggi untuk menjadi seorang pembalap di MotoGP, dan walaupun demikian tidak sedikit terjadi kecelakaan tragis di sirkuit MotoGP ini, walaupun memiliki skill yang tinggi yang namanya 'apes' pasti ada, bahkan beberapa diantaranya harus berakhir dengan kematian. Semoga artikel ini bisa menjadi pembelajaran kita untuk lebi hati-hati.

Berikut Kecelakaan Tragis Di Sirkuit MotoGP :

1. Michel Frutschi GP Le Mans 1983

Pria kelahiran Jenewa 6 Januari ini adalah seorang pembalap jalanan di Swiss. Tahun terbaiknya yaitu pada tahun 1979 ketika ia  finish di tempat kelima kejuaraan dunia di kelas 350cc. Pada tahun 1982 ia memenangkan GP Prancis di kelas 500cc, kemudian setahun berikutnya yaitu pada tahun 1983 ia meninggal dunia di sirkuit Le Mans Prancis di kelas 500cc.

2. Ivan Palazzese GP Hockenheim 1989

Ivan lahir di Venezuela tanggal 2 Januari 1962,  memulai debutnya di venezueland Grand Prix Motorcycle, dia adalah orang termuda pertama yang naik podium di grand prix tersebut pada usia 15 tahun. 1982 adalah tahun keemasanya ketika 2 kali menjuarai 125cc Grand prix dan mengakhiri musim itu di urutan ketiga dibelakang Angel Nieto dan Eugenio Lazzarini. Palazzese meninggal tahun 1989 saat kecelakaan fatal di sirkuit Hockenheim, Jerman. Saat itu dia sangat dekat dibelakang Andreas Preining dimana motor terakir mengalami kerusakan dan lajunya menurun, yang menyebabkan tabarakan dengan preining. Ketika dia berusaha bangkit dari jatuhnya dia tertabrak dua pembalap di belakangnya yaitu Bruno Bonhuil dan Fabio Barchitta. Tidak ada dokter yang membantunya saat itu, yang pertamamembantunya adalah pembalap dari Virginio ferrari yang memghentikan motornya lalu menolong palazzese. Dia meninggal di usia muda yaitu 27 tahun karena mengalami cedera dada yang sangat parah.


3. Daijiro Kato GP Suzuka 2003

Daijiro Kato lahir di Saitama pada 4 Juli 1976. Awal karir balapnya dimulai sejak ia berumur 3 tahun. Pada tahun 1979, itu ia telah berlatih mengendarai motor pocket bike dan di usia 5 tahun ia telah mengikuti kejuaraan balap pocket bike bahkan sering menjadi juara. Saat usia 11 tahun ia mulai berlomba dengan mengendarai motor minibike, dan berhasil menjuarai semua kelas yang dilombakan di daerahnya. Musim 2003 ia membalap dalam tim yang sama dengan sponsor baru Telefonica Movistar dan turun penuh dengan RC211V. Sayang pembalap yang menjadi harapan Jepang untuk menjadi juara dunia pertama asal Jepang ini, tewas setelah mengalami kecelakaan dahsyat yang terjadi pada seri pertama MotoGP 2003 baru berjalan.

4. Shoya Tomizawa  GP Mizano 2010

Di tengah euforia gelaran Moto GP seri San Marino ini, satu berita duka datang dari kelas Moto2. Rider Jepang Shoya Tomizawa meninggal setelah mengalami kecelakaan yang cukup parah. Kecelakaan fatal tersebut melibatkan tiga pembalap. Selain Tomizawa, dua pembalap lain yang terlibat adalah Alex De Angelis dan Scott Redding. Kecelakaan tersebut cukup mengejutkan, mengingat Tomizawa membalap cukup baik. Bahkan pada beberapa lap sempat memimpin balapan sebelum diambil alih Toni Elias. Kronologi singkatnya adalah Tomizawa mengalami selip hingga motornya terjatuh. Sementara Alex De Angelis dan Scott Redding tidak sempat mengelak dan motor mereka menabrak Tomizawa yang sudah terjatuh hingga terlempar jauh.. Walau sempat mendapat pertolongan tim medis, nyawa Tomizawa tidak tertolong dan meninggal dunia. Sementara balapan sendiri dilanjutkan dan mengantar Toni Elias sebagai pemenang. Di podium kedua dan ketiga berturut-turut Julian Simon dan Thomas Luthi.

5.  Marco Simoncelli GP Sepang 2011

Inilah pembalap MotoGP yang terakhir yang mengalami kecelekaan tragis di sirkuit MotoGP. Pembalap berambut kribo ini harus menghembuskan nafasnya yang terakhir di sirkuit Sepang Malasya, Minggu, 23 Oktober 2011 silam. Kronologi singkatnya ketika Simoncelli kehilangan kendali  di tikungan ke 11 lap ke 2 dan langsung terhempas sehingga terjadi benturan dengan pembalap Yamaha Tech 3 Colin Edwars dan Valentino Rossi yang mejadi joki dari Ducati waktu itu. Di duga cedera yang terberat di alami Simoncelli adalah pada bagian kepala yang menyebabkan kematian.

Itulah 5 Kecelakaan Tragis di Sirkuit MotoGP, semoga artikel kali ini bisa berguna untuk kita semua untuk bisa lebih berhati-hati lagi dalam berkendaraan.