Sensor Sidik Jari iPhone 5C Diretas

Baru 2 hari di launching ternyata sensor sidik jari iPhone 5C sudah di retas oleh peretas dari Jerman. Peretas Jerman dengan mudah membobol sensor yang katanya canggih itu. Apple mengklaim teknologi biometrik pada iPhone 5S besutan mereka, TouchID, lebih aman dari teknologi keamanan yang pernah ada di ponsel-ponsel pintar sebelumnya. 

Merasa tertantang dengan ocehan Apple soal teknologi sidik jari itu, sejumlah peretas asal Jerman berupaya membobol akses Touch ID dalam waktu dua hari dengan menggunakan alat sederhana. Dan, berhasil.


Dilansir Daily Mail, Selasa 24 September 2013, peretas yang tergabung dalam grup Chaos Computer Club yang berbasis di Berlin, Jerman, memanfaatkan foto sidik jari beresolusi tinggi, 2400 dpi, dari material kaca tipis guna membobol TouchID.

Foto itu dipindai ke komputer, lalu dipermak dengan peranti lunak foto editing, sebelum dicetak ke lembar transparan dan melapisinya dengan lem khusus kayu. Setelah kering, lembaran cetak itu kemudian diangkat dan tinggal disentuhkan ke tombol Home pada iPhone 5S guna membobol akses ponsel.

"Kami hanya perlu meningkatkan resolusi palsu kami lebih besar dari sensor canggih Apple. Itu saja," kritik Starbug, salah satu peretas asal Jerman.

Peretas itu mengatakan sensor sidik jari tetap rawan dengan peretasan mengingat banyak jejak sidik yang tertinggal di mana-mana. Atas kelemahan sensor itu, juru bicara Chaos Computer Club berharap perusahaan teknologi agar memperhatikan hal ini.

"Masyarakat seharusnya tidak lagi tertipu oleh industri biometrik dengan klaim keamanan palsu. Biometrik secara fundamental merupakan teknologi yang dirancang untuk menindas dan mengendalikan, bukan untuk mengamankan akses perangkat," tegas Frank Rieger, jubir komunitas itu.

"Perlu diingat, sidik jari itu tidak rahasia. Anda meninggalkan jejak sidik jari di manapun Anda pergi dan bisa dipakai oleh orang lain," tandas Graham Cluely, pakar keamanan.

Wah, peretas dari Jerman emang jagonya nih dalam hal retas meretas, bahkan Sensor Sidik Jari iPhone 5C Diretas juga, hanya dalam waktu 2 hari lagi, ampun dah...