Ikan Aneh Dari Perairan Pasifik

Kekayaan habitat laut memang sangat luar biasa jika kita bisa menggalinya lebih dalam lagi. Salah satunya adalah species cacing aneh di laut sulawesi beberapa waktu yang lalu, maka kali ini kita akan ke perairan pasifik untuk melihat jenis ikan yang benar-benar aneh.

Picture by : earthguide.ucsd.edu
WowKeren - Ada ikan yang memiliki kepala transparan sehingga bagian dalam kepalanya terlihat jelas. Ikan ini disebut dengan nama Pacific Barreleye atau Macropinna Microstoma. Nama Barreleye didapat dari bentuk matanya yang seperti tong dengan lensa mata warna hijau. Barreleye hidup di kedalaman laut 2000-2.600 kaki.

Keunikan ikan ini adalah kepalanya yang transparan berisi cairan. Meski aneh namun diduga kuat desain kepala itu memiliki tujuan utama sebagai penerangan di dalam air yang gelap tempatnya hidup. Bentuknya transparan itu juga membuatnya kebal terhadap sengatan lawan.

Mata Barreleye sendiri sangat sensitif terhadap cahaya dan kinerjanya seperti teropong alias hanya melihat satu arah. Sehingga Barreleye memiliki ketepatan tajam dalam berburu mangsa, menjadi predator yang ditakuti di lingkungannya. Ia juga jago dalam merebut makanan dari tentakel menyengat makhluk laut dalam lainnya.

Barreleye sudah diketahui keberadaannya sejak 1939, namun baru terlihat pada 2004 di perairan California oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MABRI). Mereka berhasil menemukan satu-satunya ikan tersebut berukuran panjang sekitar 6 inci dengan kepala dalam keadaan utuh.

Ya, kepala transparan Barreleye sangat rentan terhadap tekanan. Saat ditangkap biasanya kepalanya akan hancur sehingga yang ditemukan dalam jaring hanya bagian-bagiannya saja.